Kamis, 21 April 2016

Undangan sosialisasi verifikasi dan validasi nuptk tahun 2016

Dengan adanya perubahan struktur yang ada di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, maka juga ada perubahan pula dalam kebijakan penanganan data guru, dalam hal ini yang dibahas dalam artikel ini adalah penanganan verifikasi dan validasi NUPTK termasuk penerbitan NUPTK. Sampai bulan juli 2015 yang menangani penerbitan NUPTK adalah BPSDMP-PMPK Kemdikbud. Setelah itu yang menangani verifikasi dan validasi NUPTK adalah PDSP hingga saat ini.

Pada Tahun 2016 ini ada perubahan sangat signifikan dalam mengerjakan verifikasi dan validasi nuptk, serta untuk penerbitan nuptk. Jika pada tahun sebelumnya menggunakan aplikasi padamu negeri di alamat http://padamu.siap.web.id/. 

nuptk padamu negeri kemdikbud
halaman padamu negeri kemdikbud
Pengertian aplikasi siap padamu negeri seperti yang ada di website http://padamu.siap.web.id/ : 
Layanan SIAP PADAMU NEGERI merupakan sistem transaksi online yang dibangun menggunakan platform SIAP Online khususnya Edisi Gratis (Bebas Biaya) untuk mendukung program Pemetaan Mutu Pendidikan Nasional. Layanan ini terselenggara hasil kerjasama antara BPSDMPK-PMP Kemdikbud dengan PT. Telkom Indonesia (SIAP Online).

Maka pada tahun 2016 ini aplikasi yang digunakan untuk verifikasi dan validasi nuptk adalah aplikasi vervalptk di alamat vervalptk.data.kemdikbud.go.id. yang bertanggung jawab untuk proses verifikasi dan validasi NUPTK adalah PDSP, siapa PDSP itu? berikut penjelasanya sesuai yang ada di website http://gtk.data.kemdikbud.go.id/ :

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) adalah salah satu Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.

verval ptk pdsp kemdikbud
halaman verval ptk

Karena ada perubahaan pengelolaan NUPTK maka diperlukan sosialisasi kepada operator sekolah. Dengan tujuan agar operator sekolah mampu melaksanakan kegiatan verifikasi dan validasi NUPTK dengan baik.

Surat undangan verifikasi dan validasi NUPTK tahun 2016
hari       : Jumat
tanggal  : 22 April 2016
Waktu    : 09.00 WIB
Tempat  : Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri

Peserta :
1. Operator UPTD
2. Operator SD, SMP, SMA, SMK, SLB
3. Perwakilan operator TK yang telah ditunjuk oleh UPTD (mas Hasmi, Mas Eko dan Mas Darminto)

surat resmi sudah dikirim ke sekolah