Selasa, 16 Januari 2018

Pelaksanaan UTN Ulang 1 dan 3 Sertifikasi tahun 2018

Pelaksanaan PLPG tahun 2017 telah berakhir, pengumuman hasil kelulusan sertifikasi telah disampaikan oleh LPTK penyelenggara sertifikasi melalui halaman public website masing – masing LPTK. Selamat kepada peserta yang lulus sertifikasi tahun 2017, proses selanjutnya bagi anda adalah menunggu pencetakan sertifikat dari LPTK penyelenggara sertifikasi. Namun bagi peserta sertifikasi tahun 2017 yang dinyatakan tidak lulus UTN (Ujian Tulis Nasional) setelah PLPG, anda harus tetap semangat mengikuti proses selanjutnya, yaitu UKG Ulang atau juga disebut UTN Ulang.

Begitu pula dengan peserta sertifikasi tahun 2016 yang telah mengikuti UTN Ulang kedua pada tanggal 6 s.d 11 Nopember 2017 kemarin, hasilnya juga telah di umumkan oleh LPTK penyelenggara melalui halaman publik LPTK penyelenggara sertifikasi tahun 2016. Bagi yang dinyatakan lulus, anda juga harus sabar menunggu pencetakan sertifikat pendidik dari LPTK, namun bagi yang dinyatakan tidak lulus UTN ulang ke-2 kemarin anda harus tetap semangat untuk mengikuti UTN ulang ke-3 nanti.

website utn ulang
Halaman awal website sergur

Pelaksanaan UTN ulang 1 dan 3 sesuai dengan peraturan yang berlaku pada saat pelaksanaan sertifikasi tahun 2016 dan 2017 yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 29 tahun 2016 yaitu tentang Sertifikasi Bagi Guru Yang Diangkat Sebelum Tahun 2016, bahwa bagi guru yang tidak lulus UKG diberikan kesempatan untuk mengikuti UKG Ulang sebanyak 4 (empat) kali dalam waktu 2 (dua) tahun sejak mengikuti sertifikasi guru. Sesuai dengan peraturan tersebut maka Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanaan UKG ulang tahun 2018.
  • UTN ulang ke-1 bagi peserta sertifikasi guru yang tidak lulus UTN tahun 2017;
  • UTN ulang ke-3 bagi peserta sertifikasi guru yang tidak lulus UTN tahun 2016.

UTN ulang tahun 2018 dilaksanakan pada rentang waktu tanggal 30 Januari s.d 6 Februari 2018 bertempat di TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang ditentukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) masing – masing provinsi. Informasi, jadwal dan TUK pelaksanaan UTN Ulang dapat di liat di halaman publik di alamat http://sergur.id .  Jadwal dan Tempat Uji Kompetensi juga terdapat pada kartu peserta UTN Ulang. Kartu peserta UTN Ulang dapat di cetak sendiri oleh peserta melalui website http://sergur.id dimulai pada tanggal 21 s.d 28 Januari 2018

Berikut cara untuk melihat informasi peserta, jadwal dan TUK UKG ulang
1. Buka halaman http://sergur.id, pilih menu Peserta UKG Ulang
menu sertifikasi guru tahun 2018
Menu informasi sertifikasi guru

2. Tampil halaman pencarian
cari data peserta ukg ulang
Menu pencarian data peserta UTN Ulang

3. Masukan NUPTK peserta UTN ulang, lalu enter atau klik gambar kaca pembesar
NUPTK peserta UKG ulang
Masukan NUPTK peserta UTN

4. Akan tampil hasil pencarian data peserta UTN ulang
a. UTN ulang ke-1 peserta sertifikasi tahun 2017
Peserta UKG ulang 1
Peserta UTN Ulang 1

b. UTN ulang ke-3 peserta sertifikasi tahun 2016
Peserta UTN ulang 3
Peserta UTN Ulang 3

Informasi detail peserta, jadwal, TUK dan menu cetak kartu peserta akan muncul dalam hasil pencarian data peserta UTN ulang ini. Saat ini Informasi detail, Jadwal UTN Ulang, Tempat Uji Kompetensi sudah bisa dilihat. selalu ikuti informasi yang ada dalam blog ini ya. Untuk menu cetak kartu peserta UTN ulang bisa dilakukan pada tanggal 21 s.d 28 Januari 2018 dan harus dilakan secara mandiri oleh peserta UTN Ulang. Kartu peserta UTN ulang tersebut harus di bawa pada saat pelaksanaan UTN Ulang. Saat ini sudah bisa dilakukan proses cetak kartu.

cara cetak kartu UTN ulang :
1. Setelah anda mencari data peserta UTN ulang, kan tampil daftar informasi detail, jadwal dan TUK.
cetak kartu UKG ulang
Cetak kartu UTN ulang
Pilih tombol Cetak Kartu

2. Tampil kartu peserta UTN Ulang, silakan klik Download,
Tombolnya saya lingkari merah seperti di bawah ini
Cetak Kartu Peserta UTN ulang
jujur mengikuti utn ulang
Informasi dalam kartu peserta utn ulang
5. Unduh lalu simpan file berupa pdf tersebut
6. Cetaklah kartu peserta tersebut pada printer anda.

Saat ini sudah pada tahap pengaturan TUK (Tempat Uji Kompetensi) dan pengaturan jadwal. Pantau terus informasi yang ada di website http://sergur.id


Bagi peserta UTN ulang 1 dan 3 tetap semangat, persiapkan dengan baik. Sebagai persiapan mengikuti UTN ulang nanti anda juga bisa mempelajari kisi – kisi UTN setelah PLPG atau kisi kisi UTN. Kisi – kisi UKG / kisi-kisi UTN telah disediakan di website http://sergur.id

cara download kisi – kisi UTN ulang sebagai berikut :
1. Buka halaman http://sergur.id, pilih menu Kisi – kisi UKG setelah PLPG
download kisi kisi UKG setelah PLPG
Pilih kisi - kisi UKG setelah PLPG

2. Pilih kisi – kisi sesuai mapel
mapel kisi kisi utn setelah plpg
kisi kisi utn setelah plpg

3. Pilih unduh 
unduh kisi kisi utn tk
download kisi kisi utn


4. File kisi - kisi utn
kisi kisi utn jenjang sd
kisi kisi utn

Dalam menu download kisi kisi utn atau ukg setelah plpg ada banyak mapel kisi kisi : 
1. kisi kisi utn mapel guru kelas TK 
2. kisi kisi utn mapel guru kelas SD
3. kisi kisi utn mapel IPA
4. kisi kisi utn mapel IPS
dst s.d kisi kisi utn mapel bimbingan konseling
silakan download kisi kisi utn / ukg setelah plpg sesuai dengan mapel utn ulang anda.

Pelajari kisi-kisi UTN ulang tersebut dengan baik, persiapkan dengan baik. Sebagai peserta UTN ulang anda wajib menjunjung tinggi kejujuran dan sportifitas. Akan ada sanksi tegas jika ditemukan kecurangan dalam pelaksanaannya. Dikutip dari website http://sergur.id seperti ini kalimatnya  :

“Jika dalam pelaksanaan ujian ulang melakukan pelanggaran maka dinyatakan tidak lulus sertifikasi guru dan tidak diberi kesempatan untuk mengikuti ujian ulang berikutnya.
Jika guru yang bersangkutan akan mengikuti sertifikasi guru lagi, maka harus mengikuti Program PPG Dalam Jabatan dengan prosedur rekrutmen peserta PPG Dalam Jabatan sesuai persyaratan akademik dan administrasi yang ditentukan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.”

Maka persiapkan dengan baik, berfikir positif, ikuti UTN ulang dengan baik dan jujur. Serta berdoa dan meminta restu dari orang tua. Semoga anda mendapatkan hasil sesuai yang anda harapkan, aamiin.
Terima kasih telah membaca artikel UTN Ulang tahun 2018, silakan share jika bermanfaat


EmoticonEmoticon