Kamis, 23 Agustus 2018

UTN Ulang Kedua dan Keempat Sertifikasi Guru Tahun 2018

Sesuai alur pelaksanaan sertifikasi guru melalui pola PLPG, ada tahapan pelaksanaan uji kompetensi yang harus dilaksanakan. Uji kompetensi ini digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar selama PLPG dan juga untuk pengukuran kompetensi guru sebagai pendidik yang professional.

Untuk itu Bagi bapak ibu guru yang belum lulus Program Sertifkasi Guru melalui Pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 dan 2017, dan juga belum lulus Ujian Tulis Nasional (UTN) Ulang pertama dan ketiga yang telah dilaksanakan pada tanggal 30 Januari sampai dengan 6 februari 2018. Pada Saat ini akan diberikan kesempatan untuk mengikuti UTN ulang ke dua dan  ke empat sertifikasi guru tahun 2018. Secara nasional ada 25.033 guru yang belum lulus UTN Ulang 1 dan 3 yang akan mengikuti UTN Ulang ke dua dan ke empat . UTN ulang kedua bagi peserta PLPG tahun 2016 sedangkan UTN ulang ke empat bagi peserta PLPG 2017.

Seperti yang kita ketahui bagi guru yang belum lulus UTN setelah PLPG akan di berikan kesempatan untuk mengikuti UTN Ulang sebanyak 4 kali selama 2 tahun di tahun berikutnya setelah melaksanakan PLPG. Kesempatan tersebut sebanyak 4 kali dalam kurun waktu 2 tahun setelah melaksanakan peningkatan secara mandiri. Tujuan dari pelaksanaan UTN ulang adalah memberikan kesempatan bagi guru yang tidak lulus dalam pelaksanaan UTN sebelumnya untuk mengikuti UTN Ulang kembali sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik.

sergur.id
Halaman awal sergur.id

Pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan UTN ulang ke dua dan ke empat yang di jadwalkan mulai tanggal 26 Agustus s.d 31 Agustus 2018 secara serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaan UTN ulang ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi UKG Online yang bertempat di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Pada tahun ini karena jumlah pesertanya lebih sedikit, pelaksanaan UTN di beberapa kabupaten kota di gabungkan di kabupaten / Kota terdekat.

Informasi UTN ulang bisa di lihat di website resmi sertifikasi guru : sergur.id, informasi apa aja yang bisa dilihat dalam website tersebut? Berikut informasi yang bisa didapat di website sergur.id :
  1. Identitas peserta UTN Ulang
  2. Tempat Uji Kompetensi Guru
  3. Jadwal pelaksanaan UTN Ulang : tanggal dan jam
  4. Fitur untuk cetak kartu peserta UTN secara mandiri


Cara untuk melihat jadwal UTN ulang kedua dan keempat

1. Buka sergur.id


2. Pilih menu UTN Ulang 2 dan 4 tahun 2018
ujian tulis ulang 2 dan 4
Menu UTN ulang 2 dan 4


3. Muncul halaman pencarian, masukan NUPTK
link pencarian utn ulang
Pencarian Informasi Peserta UTN ulang

4. Masukan NUPTK, lalu klik tombol kaca pembesar
pencarian NUPTK
Masukan NUPTK Peserta UTN ulang 2 dan 4


5. Muncul data jadwal UTN Ulang

Informasi peserta UTN ulang 2 dan 4
Hasil Pencarian Peserta UTN Ulang 2 dan 4


Perhatikan Tempat Uji Kompetensinya, ada kemungkinan berbeda dengan tahun sebelumnya, juga ada kemungkinan tempatnya ada di kabupaten kota lain pastinya lebih jauh. Perhatikan pula jadwalnya, silakan datang lebih awal agar bisa melakukan persiapan mental dengan baik untuk menghadapi UTN Ulang, diharapkan peserta datang 30 menit sebelum pelaksanaan UTN.

Fitur yang lain adalah fasilitas untuk cetak kartu peserta UTN ulang secara mandiri. Seperti UTN ulang sebelumnya, disediakan fitur untuk cetak kartu peserta secara mandiri, fitur ini bisa dilakukan pada tanggal 24 sampai dengan 26 Agustus 2018.

Persyaratan yang harus dibawa oleh peserta UTN ulang adalah :
  1. Kartu peserta UTN Ulang
  2. Kartu identitas (KTP/SIM) yang sah dan masih berlaku.


Tata cara mengikuti UTN Ulang :
  1. Peserta mengisi daftar hadir
  2. Login di aplikasi UKG Online dengan nomor peserta sertifikasi dan NUPTK (ada di kartu peserta)
  3. Latihan menggunakan sistem UKG Online menggunakan soal latihan
  4. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal UTN Ulang yang sebenarnya
  5. Waktu ujian akan tampil di computer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai di akses
  6. Menjawab soal ujian dengan menggunakan mouse atau bisa juga menggunakan keyboard dengan menekan tombol A, B, C , atau D sesuai jawaban yang benar. Untuk pindah ke soal selanjutnya menggunakan tombol spasi. Untuk mengganti jawaban bisa menekan tombol A, B, C , atau D sesuai jawaban yang benar. Penggantian jawaban tidak mengurangi nilai
  7. Soal akan tampil satu per satu
  8. Aplikasi UTN Ulang akhir menutup secara otomatis jika waktu habis
  9. Peserta yang telah menyeleseikan ujian bisa meninggalkan TUK.


 Demikian informasi tentang UTN ulang kedua dan keempat sertifikasi guru tahun 2018. Silakan dipersiapkan dengan baik agar bisa memperoleh hasil yang maksimal dan sesuai yang diharapkan. Semoga  peserta UTN ulang bisa lulus, terima kasih


EmoticonEmoticon