Jumat, 03 November 2017

Pelaksanaan UKG Ulang Kedua Bagi Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016

Rangkaian kegiatan perekrutan sertifikasi tahun 2016 masih terus berjalan. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 29 Tahun 2016 tentang Sertifikasi Guru bagi Guru yang diangkat sebelum tahun 2016 bahwa bagi peserta sertifikasi guru yang dinyatakan lulus PLPG namun belum lulus UKG setelah PLPG diberikan kesempatan mengulang UKG sebanyak 4 (empat) kali dalam jangka waktu 2 (dua) tahun berturut – turut dihitung sejak mengikuti PLPG. Bagi peserta yang belum lulus UKG Ulang pertama, akan dilaksanakan UKG Ulang kedua bagi peserta sertifikasi guru tahun 2016 pada tahun 2017 ini.

UKG Ulang kedua tersebut dijelaskan secara rinci di Buku 1 Penetapan Sertifikasi Guru tahun 2016 pada BAB II Sertifikasi Guru, A. Alur Sertifikasi Guru Melalui PLPG pada point 10 sampai dengan 13. Pada juknis tersebut di jelaskan diantaranya :
  • Point 10. Peserta yang dinyatakan lulus UKG / UTN apabila memperoleh nilai paling rendah 80 dapat diberikan sertifikat pendidik.
  • Point 11. Peserta yang tidak memenuhi standar minimal kelulusan UKG / UTN diberi kesempatan mengulang secara mandiri paling banyak 4 (empat) kali dalam jangka waktu 2 (dua) tahun. Keikutsertaan UKG / UTN dilaksanakan satu kali setiap semester terhitung sejak tahun berikutnya setelah mengikuti PLPG.
  • Point 12. UKG / UTN dilaksanakan melalui ujian dalam jejaring atau tes tertulis bertempat di Rayon, Subrayon atau ditempat lain yang ditetapkan oleh Rayon LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru
  • Point 13. Peserta yang mengikuti UKG / UTN ulang agar mempersiapkan diri dengan belajar secara mandiri.

Baca Juga : Perpanjangan Waktu Pendaftaran Calon Peserta PPG dalam Jabatan (baru) 

Baca juga : Pendaftaran Calon Peserta PPG dalam jabatan tahun 2018 (Baru)

Baca juga : Tanya Jawab Seputar Sertifikasi Guru tahun 2017
Seperti yang telah kita ketahui, UKG Ulang I telah dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 29 April 2017, dan hasilnya juga sudah bisa dilihat mulai tanggal 7 September 2017 di alamat website masing – masing LPTK penyelenggara sertifikasi guru. Misalnya Rayon 144 Universitas Negeri Surabaya mengumumkan hasil UTN Ulang I di alamat http://sg.unesa.ac.id/lib/uu/index. Sedangkan Rayon 44 Universitas Muhammadiyah Malang mengumumkan hasil UKG Ulang I di alamat http://psg44.umm.ac.id/id/pages/pengumuman-hasil-ujian-ulang-utn-i.html. Berikut contoh hasil UKG Ulang I :
  • Peserta yang lulus UTN Ulang I:
Peserta yang lulus UTN ulang I PLPG tahun 2016
Peserta yang lulus UTN Ulang I

  • Peserta yang harus mengikuti UKG ulang II
Peserta PLPG 2016 yang mengikuti UKG Ulang 2
Peserta yang harus mengikuti UKG Ulang kedua

 Bagi peserta PLPG 2016 yang dinyatakan lulus UKG Ulang I tinggal menunggu memperoleh sertifikat pendidiknya. Namun bagi yang dinyatakan belum lulus UKG Ulang I maka harus mengikuti UKG Ulang kedua pada bulan Nopember ini.  Pelaksanaan UKG Ulang kedua dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 11 Nopember 2017 serentak di seluruh propinsi. Lokasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) juga sudah di tentukan oleh panitia di setiap propinsi, TUK yang digunakan adalah TUK UKG Ulang pertama dulu, dikarenakan jumlah peserta UKG Ulang kedua ini lebih sedikit, maka ada beberapa TUK UKG pertama yang tidak digunakan.
Informasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan informasi lainya terkait pelaksanaan UKG Ulang kedua dapat dilihat melalui situs http://ap2sg.sertifikasiguru.id atau juga bisa dilihat di situs http://kemdiknas.swin.net.id. Jadwal pelaksanaan juga ada dalam situs tersebut. Berikut langkah pencarian data peserta UKG Ulang kedua :

1. Masuk ke situs http://ap2sg.sertifikasiguru.id atau http://kemdiknas.swin.net.id
beranda website utn ulang 2
halaman utama website sertifikasi guru

 2. Pilih menu Peserta UKG Ulang
Pencarian data UKG Ulang Kedua
Pencarian data peserta UKG Ulang kedua

 3. Masukan NUPTK lalu Enter
     Maka akan muncul informasi UKG ulang kedua
     Informasi yang ada diantaranya :
     - biodata peserta ukg ulang kedua,

     - jadwal ukg ulang kedua, 
     - tempat uji kompetensi (TUK) ukg ulang kedua
jadwal ukg ulang kedua
Hasil pencarian data peserta UKG Ulang Kedua
Langkah tersebut merupakan langkah atau cara melihat jadwal ukg ulang kedua.

Sekarang bapak ibu peserta UKG Ulang kedua telah mengetahu informasi secara rinci jadwal pelaksanaan UKG Ulang Kedua, semoga bapak ibu dapat mempersiapkan dengan baik, bisa mengerjakan UKG Ulang kedua dengan lancar. Semoga bapak – ibu peserta UKG Ulang kedua dapat lulus dalam pelaksanaan kegiatan ini.  Aamiin.

Terima kasih telah membaca tulisan saya ini. Akan kami update terus informasi – informasi tentang UKG kedua dan informasi ketenagaan yang lain.


EmoticonEmoticon