Jumat, 22 April 2016

Materi sosialisasi verval nuptk dan data pra sk yang belum sk per tgl 22 april 2016

NUPTK kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. NUPTK merupakan Nomor Induk bagi seorang guru dan juga buat Tenaga Kependidikan. NUPTK diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan melalui direktur jenderal GTK. NUPTK diterbitkan kepada seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan yang memiliki status PNS maupun Non PNS yang telah memenuhi persyaratan. NUPTK sebagai identitas resmi yang dimiliki oleh guru dan tenaga kependidikan yang digunakan untuk berbagai keperluan pelaksanaan program yang berkaitan dengan pendidikan.

NUPTK berupa 16 digit angka yang unit dan tetap. NUPTK unik berarti tidak sama dengan NUPTK orang lain. Dalam NUPTK tersebut terdapat susunan angka yang sangat unik dan merupakan digitasi dari tanggal lahir, jenis kelamin, nama ibu, periode terbit, namun susunan itu dirahasiakan oleh Dirjen GTK Kemdikbud.

Sedangkan NUPTK bersifat tetap artinya NUPTK melekat pada guru, tidak bisa berpindah tangan kepada orang lain, NUPTK tidak akan berubah nomornya. NUPTK bersifat tetap dimiliki oleh guru, berlaku dimanapun guru tersebut mengajar, meskipun gurunya berpindah – pindah tempat mengajarnya. Jika ada perubahan data seperti golongan, status pegawai, ijasah terakhir, tidak akan pernah merubah NUPTK itu sendiri.

perbaikan data master nuptk
Gambar Verval PTK


Pada tahun 2016 untuk verifikasi dan validasi NUPTK menggunakan aplikasi verval ptk di alamat http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Yang bisa dilakukan dalam aplikasi tersebut adalah proses perbaikan data master PTK misalnya ada perbaikan nama, tanggal lahir, tempat lahir, nama ibu, NIK. Dalam aplikasi verval ptk juga ada fasilitas pengusulan nuptk dan pennon aktifan nuptk.

Berikut kami lampirkan materi sosialisasi verval nuptk di aula dinas pendidikan pada tgl 22 April 2016

Data pra sk dengan status belum sk, per tanggal 22 april 2016 untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB

silakan cek status sktp, cek keterangan,
cek info sk di http://223.27.144.195:8085/
cek entrian dapodiknya, jika ada yang perlu diperbaiki, segera perbaiki dan sinkron

jika ada yang perlu dibuka kunci : cetak info sk lalu dikirim ke dinas untuk di ajukan buka kunci


nb: Data pra sk merupakan data guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik, ini digunakan untuk verifikasi penerbitan SK TPP,