Senin, 20 Februari 2017

Cara melihat NRG (Nomor Regristasi Guru) yang baru lulus sertifikasi tahun 2016

         Nomor Regristasi Guru atau lebih dikenal dengan NRG merupakan Nomor yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada guru yang telah lulus sertifikasi. Untuk guru yang dibawah naungan KEMDIKBUD, NRG ini keluar secara otomatis tanpa adanya pengusulan dari bapak ibu guru. Jadi untuk guru yang belum mengetahui NRGnya tidak perlu risau, tidak perlu mengurus di kementrian untuk menerbitkan NRG karena NRG terbit secara otomatis. NRG ini terdiri dari 14 digit angka. 2 nomor yang paling depan merupakan tahun pelaksanaan sertifikasi, selanjutnya 12 digit berikutnya merupakan kombinasi angka yang unik.
         NRG ini biasanya diminta pada saat pemberkasan Tunjangan Profesi Pendidik. Yang diminta hanya nomernya, bukan kartunya. Bagi guru yang telah lulus sertifikasi kususnya yang baru lulus sertifikasi tahun 2016 sudah bisa melihat NRG di laman info validasi data Guru  atau juga dikenal info gtk atau info sk di alamat http://223.27.144.195:8081/ Untuk caranya melihat info validasi data guru telah di bahas di postingan sebelumnya. 


        Setelah mengetahui cara melihat data kelulusan sertifikasi silakan langsung praktekan dulu agar bisa melihat NRG bagi yang telah lulus sertifikasi. Data kelulusan sertifikasi sudah di singkronkan ke dalam info validasi data guru termasuk data kelulusan peserta sertifikasi guru tahun 2016. Berikut tampilan info data kelulusan sertifikasi di aplikasi info validasi data guru.

Cara Melihat NRG bagi guru yang telah lulus sertifikasi di info gtk
Gambar Informasi Nomor Regristasi Guru (NRG)

       Pada bagian status data kelulusan sertifikasi pendidik ditampilkan informasi Nama, NIP, NUPTK, No Peserta Sertifikasi, Nomor Regristasi Guru (NRG), Nama Sekolah, Kabupaten / Kota, Kode Bidang studi sertifikasi, Nama bidang studi sertifikasi, Perbaikan data.
         
          Untuk mengetahui tahun berapa proses kelulusan sertifikasinya bisa dilihat di 2 digit depan Nomor Peserta Sertifikasi atau Nomor Regristasi Guru. Contoh di atas 2 digit awal menunjukan angka 16, artinya guru tersebut baru lulus sertifikasi pada tahun 2016. Sekian cara untuk melihat NRG yang baru lulus sertifikasi semoga postingan ini bermanfaat bagi bapak ibu guru yang telah lulus sertifikasi. Terima kasih.