Rabu, 15 Maret 2017

Validasi Data Guru di info GTK

Guru telah memberikan data yang sebenarnya kepada kepala sekolah untuk diberikan kepada operator untuk di entri di aplikasi dapodik, namun perlu di verifikasi dulu kebenaranya oleh kepala sekolah. Selanjutnya operator sekolah telah mengentri data guru di aplikasi dapodik. Peran dari kepala sekolah juga wajib mengecek kebenaran data yang di entri di aplikasi dapodik sebelum operator melakukan proses singkron untuk menghindari kesalahan data. Diharapakan data yang di sinkron adalah data yang telah valid. sehingga data guru di info gtk juga bisa valid.

Rangkaian proses di atas seharusnya yang harus di lakukan di sekolah pada saat melakukan proses singkron dapodik. Sehingga data guru yang dikirim telah valid, tanggung jawab kebenaran data yang di entri oleh operator sekolah adalah tanggung jawab dari guru sendiri. Sementara tugas dari operator sekolah adalah melakukan proses input data di aplikasi dapodik sesuai data yang diberikan guru yang juga harus sesuai dengan keyataan, jangan mengada ada, jujur apa adanya dengan mematuhi aturan yang ada dan petunjuk yang ada di dapodik.

Yang perlu diperhatikan dalam entri data dapodik selain data pribadi guru dan data sertifikasi adalah
1. Kebenaran pengentrian golongan dan masa kerja sesuai riwayat kepangkatan dan riwayat gaji berkala;
Pastikan riwayat kepangkatan dan kenaikan gaji berkala telah d entri dari awal sampai terakhir dan juga TMTnya harus benar pula.
2. Keaktifan guru;
3. Pengentrian beban tugas mengajar sesuai dengan kenyataan.

Setelah proses entri data dengan benar oleh operator sekolah di aplikasi dapodik telah dilakukan. Saat ini yang perlu dilakukan oleh guru adalah memantau data hasilnya di info gtk. Siapa yang wajib untuk memantau datanya?. Jawabanya ya bapak ibu guru sendiri, karena tanggung jawab kebenaran data ada di bapak ibu guru sendiri. Gimana caranya mengecek kebenaran data yang telah di singkron oleh operator sekolah? Silakan liat di info gtk, untuk panduan melihat info gtk silakan baca di artikel sebelumnya: cara melihat info gtk

validasi data guru di info gtk
Tampilan info gtk

Saat ini pula proses validasi data guru di info gtk di alamat website http://info.gtk.kemdikbud.go.id sedang berjalan. Ada sebagian guru yang JJM nya sudah bisa di lihat, ada juga sebagian yang masih belum masuk JJM nya. Ya karena memang prosesnya masih sedang berjalan. ada info dr beberapa teman operator sekolah, sudah tambah banyak yang jamnya sudah masuk dan juga sudah linier. Guru dan operator sekolah tidak perlu risau dengan keadaan ini, karena ya memang sedang berjalan prosesnya.

Bagi yang JJM nya sudah bisa di lihat di info gtk pastikan JJM sudah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Kalau memang memenuhi persyaratan penerbitan SK TPG, seperti JJM sudah memenuhi 24 jam. Tinggal menunggu keluar SK TPGnya, jika muncuk pertanyaan kapan SK TPG terbit, jawabanya untuk 1 guru akan terbit 2 kali SK TPGnya, per semester terbitnya Jadi sabar menunggu. Yang penting datanya valid dulu.
Sekian informasi validasi data guru di info gtk, semoga bisa membuat bapak ibu guru selalu aktif dalam melihat info gtk dan tidak perlu risau.