Rabu, 21 September 2016

Pelaksanaan Guru Pembelajar

Berikut kami Lampirkan surat Pelaksanaan Guru Pembelajar.

Berikut isi dari surat kepala dinas pendidikan kota kediri yang di unggah di http://pendidikan.kedirikota.go.id/ketenagaan/
Nomor surat : 800 /3956 / 419.42 /2016 tanggal 16 Desember 2016



1.    Guru pembelajar adalah guru yang ideal yang terus belajar dan mengembangkan (upgrade) diri di setiap saat dan di manapun.
2.    Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar dilakukan melalui tiga moda, yaitu Moda Tatap Muka, Moda Daring, dan Moda Daring Kombinasi.
a.    Moda tatap muka diperuntukkan bagi guru yang memerlukan peningkatan kompetensi yang lebih intensif dengan mempelajari 8-10 modul.
b.    Moda Daring Kombinasi diperuntukkan bagi guru yang memerlukan peingkatan kompetensi dengan mempelajari 6-7 modul
c.    Moda Daring (Dalam Jaringan) / Online diperuntukkan bagi guru yang memerlukan peningkatan kompetensi dengan mempelajari 3-5 modul.


3.    Program peningkatan kompetensi guru pembelajar secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, baik pedagogik maupun profesional, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya, menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan bagi peserta didiknya, melalui berbagai moda dan media, di berbagai pusat belajar.
4.    Sasaran
Sasaran program peningkatan kompetensi guru pembelajar adalah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan SMK yang telah mengikuti UKG tahun 2015.
5.    Semua guru yang telah mengikuti UKG tahun 2015 wajib membuat akun secara mandiri agar bisa login di aplikasi guru pembelajar di website http://sim.gurupembelajar.id/
6.    Jika ada kendala pembuatan akun atau meminta reset pasword guru pembelajar bisa menghubungi admin guru pembelajar dinas pendidikan Kota Kediri di seksi PMPTK bidang ketenagaan atau bisa kirim email ke pmptk.kotakediri@yahoo.com.
7.    Semua guru wajib masuk ke dalam kegiatan kolektif guru yaitu : yaitu PKG (Pusat Kegiatan Gugus) untuk guru TK, KKG (Kelompok Kerja Guru) untuk guru SD, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) untuk guru SMP/SMA/SMK, dan MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling);
8.    Semua PKG, KKG, MGMP, MGBK wajib mendaftarkan diri di admin guru pembelajar dinas menggunakan format pendaftaran akun PKG, KKG, MGMP, MGBK yang disertai dengan scan surat keputusan pendirian kegiatan kolektif guru dari dinas. File excel format perdaftaran akun dan scan sk pendirian dapat dikirim ke email pmptk.kotakediri@yahoo.com
9.    Format pendaftaran akun Gugus/KKG/MGMP/MGBK, informasi terbaru berkaitan dengan guru pembelajar, tutorial pendaftaran akun secara mandiri, undangan dan surat tugas pelaksanaan diklat guru pembelajar dapat di unduh di http://www.infoketenagaan.com
10.  Untuk mempercepat arus informasi dan sebagai forum komunikasi, segala informasi berkaitan dengan guru pembelajar dapat dilihat di grup fb informasi uji kompetensi guru kota kediri, blog http://www.infoketenagaan.com, website http://pendidikan.kedirikota.go.id/.
11.  Pendaftaran akun guru secara mandiri dan login ke aplikasi guru pembelajar dapat di lakukan di https://gurupembelajar.id/.
a.    Jika setelah login di aplikasi ada tombol daftar, silakan di pilih tombol daftar.
b.    Jika ada tombol lengkapi email dan nomer hp, silakan masukan email pribadi dan no hp yang aktif.
c.    Jika ada tombol undangan, silakan dipilih dan cetak undangan tersebut. Undangan mengikuti moda daring dan daring kombinasi disimpan oleh masing – masing guru, tidak perlu dikumpulkan di dinas.
12.  Untuk peserta daring murni, silakan ikuti proses pembelajaran di aplikasi https://gurupembelajar.id/. Pembelajaran dilakukan full online,tidak ada pertemuan.
Kegiatan daring murni dimulai tanggal 1 September 2016.
13.  Bagi yang saat ini belum masuk pembelajaran moda daring, daring kombinasi, atau tatap muka. Diharapkan tetap mempelajari modul – modul guru pembelajar.

14.  Aplikasi guru pembelajar dapat di akses di smartphone android. Dengan cara mendownload di play store dengan kata kunci pencarian Guru Pembelajar Mobile yang dikembangkan oleh Dirjen GTK-Kemdikbud.

Saksikan juga sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Anies Baswedan di youtube berjudul "Sambutan Mendikbud Tentang Guru Pembelajar" yang diunggah oleh akun GTK Kemdikbud, berikut linknya https://www.youtube.com/watch?v=X66lp3N_-wk

"Kita sebagai guru harus terus belajar, kita belajar pengetahuan terbaru, belajar teknik terbaru, dan kita belajar ilmu pengetahuan terbaru."

kalimat tersebut merupakan pesan dari pak anies baswedan yang patut kita jadikan sebagai motivasi untuk terus berkarya sebagai pendidik agar selalu melakukan inovasi dalam melakukan pembelajaran.


Donwload :

Baca juga cara regristasi akun guru pembelajar : cara regristasi akun

Untuk Informasi Lengkapnya silakan kunjungi sumbernya : 

http://pendidikan.kedirikota.go.id/ketenagaan/pelaksanaan-guru-pembelajar/